Rabu, 17 Oktober 2012

Bahaya Game Untuk Gemers

Segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak buruk buat seseorang. Demikian juga dalam hal bermain game yang dapat membuat pemainnya menjadi kecanduan, baik sadar atau tidak jika dilakukan secara terus menerus. Bisakah hal ini diatasi?

Baru-baru ini diberitakan oleh sebuah situs di internet, ada 4 remaja yang dilarikan ke rumah sakit jiwa Grogol akibat kecanduan game di tahun 2012 ini. 


Di Indonesia memang belum ada tempat khusus yang merawat 'kecanduan game'. Rumah sakit mungkin menjadi rujukan bagi sebagian ahli psikologis untuk sementara menjauhkan anak atau remaja dari ketergantungan akan game.

Ciri-ciri yang menunjukkan seorang anak atau remaja mulai kecanduan game, bisa berupa kombinasi dari perilaku di bawah ini:

1. Menghabiskan lebih dari 8 jam sehari untuk bermain game
2. Menarik diri dari kehidupan sosial
3. Bolos sekolah, kurang tidur, dan susah berkonsentrasi
4. Marah-marah atau ngamuk ketika dilarang bermain game
5. Lebih suka menyendiri
6. Ketika bicara selalu membahas isu seputar game

Hindarilah Kecanduan Game


Memang game memiliki banyak nilai positif dibanding dengan negatifnya. Contoh mudahnya kalau 90% pelajar menghabiskan waktu bermain game setelah pulang sekolah, maka tawuran, merokok dan penggunaan narkoba di kalangan pelajar akan mencapai angka di bawah 1%.

Tetapi game tidak seharusnya menjadi prioritas dalam kehidupan seseorang, dan sebaiknya bermain game harus dibatasi waktunya.

Ambil selalu hikmah positifnya, dengan bermain game sekedar untuk penyaluran hobi atau menghabiskan waktu luang saja. 

Pikirkan selalu dampak negatifnya jika bermain game secara berlebihan. Istirahatlah apabila dirasa sudah lelah, dan isilah kegiatan lain atau hobi lain yang dirasa lebih bermanfaat.

Self awareness menjadi kunci utama supaya kita tidak terjerat dalam sebuah game secara terus menerus. Kita harus bisa mengatakan 'STOP' kepada diri sendiri, ketika dirasa memang sudah cukup bermain game untuk hari ini.

Kecuali kalau bermain game, ditemani oleh makhluk cantik seperti di bawah ini... Mungkin boleh sedikit lebih lama lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Skateboarding

Footer Widget #1

Pages - Menu

Search This Blog